Kiper Termahal di Indonesia dengan Bayaran Fantastis

kiper termahal di indonesia

Sepak bola masih menjadi permainan olah raga yang digemari hampir di seluruh dunia. Permainan beregu ini berhasil menarik perhatian semua kalangan. Tidak hanya pria, wanita juga tak kalah menggemari permainan satu ini. Kepopuleran sepak bola tentu berdampak pada bayaran para pemainnya yang tergolong sangat tinggi. Berikut deretan 7 kiper termahal di Indonesia dengan bayaran fantastis:

1. Andritany Ardhiyasa

Posisi pertama ditempati oleh Andritany Ardhiyasa yang menjaga gawang Persija Jakarta. Ia mendapat bayaran sebesar 300 ribu Euro atau sekitar Rp 5,2 Miliar. Ia bahkan sempat mencatatkan nilai sebesar 325 ribu Euro atau sekitar Rp 5,6 Miliar pada Desember 2017. Andritany juga merupakan kiper utama Timnas Indonesia yang kerap dipercaya memegang tanggung jawab sebagai Kapten.

2. Nadeo Argawinata

Posisi kedua kiper termahal di Indonesia ditempati oleh kiper asal Bali United. Nadeo memiliki bayaran sebesar 250 ribu Euro atau sekitar Rp 4,3 Miliar. Pada tahun 2017, bayarannya hanya berkisar 50 ribu Euro. Nilainya melonjak seiring dengan penampilan mengesankannya bersama Timnas Indonesia U-22. Meskipun saat ini ia belum bergabung dalam Tim Nasional, Nadeo diproyeksikan akan menjadi kiper masa depan Timnas Indonesia. Hal ini tentu tidak terlepas dari kemampuan apik yang ia miliki.

See also  Gaji Tertinggi Pemain Bola Saat Ini, Dipegang Siapa?

3. Teja Paku Alam

Kiper asal Persib Bandung ini memiliki nilai pasar sebesar 225 ribu Euro atau sekitar Rp 3,9 Miliar. Bayarannya ini menempatkan Teja menjadi salah satu kiper termahal di Indonesia. Sebelum bergabung dengan Persib Bandung, Teja tampil mengesankan bersama Semen Padang pada Liga 1 tahun 2019.  Kiper berusia 27 tahun ini berhasil mencatat 1 clean sheet sebanyak dua kali pada Shopee Liga 1 2020.

4. Awan Setho Raharjo

Kiper termahal di Indonesia selanjutnya adalah Awan Setho Raharjo, yang bermain di klub Bhayangkara FC. Sama halnya dengan Ridho, Awan Setho juga mendapat bayaran 200 ribu Euro atau sekitar Rp 3,4 Miliar. Ia mendapat peningkatan harga medio 2017-2019 setelah bermain apik di Timnas Indonesia U-19 dan menjadi kiper utama di Bhayangkara FC. Kiper yang masih tergolong muda ini sudah bergabung di Timnas Indonesia, meskipun belum memegang peran sebagai kiper utama.

See also  Profil Febri Haryadi, Pemain Cepat Milik Persib Bandung

5. Muhammad Ridho Djazulie

Posisi kelima deretan kiper termahal di Indonesia ditempati oleh Kiper Madura United. Pria yang akrab disapa Ridho ini mendapat bayaran sebesar 200 ribu Euro atau sekitar Rp 3,4 Miliar. Bayaran tersebut diraih berkat penampilan mengesankannya dalam beberapa tahun terakhir di Shopee Liga 1 2020.  Ia digadang-gadang akan menjadi aset kiper Timnas Indonesia di masa depan

6. Miswar Saputra

Kiper termahal di Indonesia selanjutnya ditempati oleh Miswar Saputra. Kiper asal PSS Sleman ini mendapat bayaran sebesar 175 ribu Euro atau sekitar Rp 3 Miliar. Setelah keputusannya meninggalkan PSM Makassar pada musim 2021, ia kini membidik posisi utama penjaga gawang PSS Sleman. Turnamen pramusim Piala Menpora menjadi ajang pertama untuk membuktikan kemampuannya.

See also  Pemain Bola Tertua yang Masih Bermain

7. Rivky Mokodompit

Posisi ketujuh deretan kiper termahal di Indonesia ditempati oleh kiper Persebaya Surabaya. Ia tampil sejak fase grup hingga memenangkan Piala Gubernur Jawa Timur pada  Februari 2020 lalu. Pria dengan tinggi 188 cm ini memiliki nilai transfer 175 ribu Euro atau sekitar Rp 3 Miliar. Ia merupakan kiper Persebaya Surabaya yang tak tergantikan.

Itulah deretan kiper termahal di Indonesia dengan bayaran fantastis yang juga diimbangi dengan penampilan yang apik. Bayaran fantastis kiranya memang pantas diberikan kepada para penjaga gawang ini. Selain memiliki respon cepat, para kiper ini juga harus memiliki tingkat analisis dan intuisi yang tinggi dalam mengamankan gawang dari serangan lawan.

You May Also Like

About the Author: Icigo Kaisei